Memahami Pentingnya Memantau Traction

 Bagi perusahaan startup, pendanaan merupakan salah satu faktor penting agar perusahaan bisa

berkembang. Namun, untuk menarik hati investor tidaklah mudah. Oleh karena itu, traction dapat

digunakan sebagai sarana start up untuk menunjukkan potensi bisnis. Menurut Digital Agency Jakarta , traction dapat menjadi hal utama untuk pertimbangan investor. Hasil dari traction juga

sangat berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan sehingga harus diperhitungkan dengan

benar agar dapat dilaksanakan secara efektif sehingga dapat mencapai target.


Pengertian Traction

Traction atau traksi adalah suatu fase perkembangan dalam startup yang berguna untuk

meningkatkan penjualan dan menambah basis pelanggan. Traction juga dapat disebut dengan

kemampuan perusahaan dalam memonetisasi value dari penggunanya. Umumnya, kesuksesan

suatu perusahaan dalam masa traction dapat dinilai dari jumlah pelanggan baru dan total revenue

yang diterima. Dalam startup biasanya akan menjalani tiga tahap perkembangan, yaitu Traction,

Transition, dan Growth.


Indikator Traction

Setelah mengetahui pengertiannya, kali ini akan dibahas mengenai apa saja indikatornya dalam

startup.

a. Customer Segmentation

Segmentasi customer merupakan salah satu hal penting yang dilakukan dengan guna untuk

memetakan kebutuhan, minat, dan visi pelanggan. Dengan memiliki segmentasi yang tepat,


maka suatu startup dapat menghasilkan produk atau jasa sesuai dengan apa yang dicari dan

diinginkan oleh customer.

b. Customer Review

Review customer tidak hanya berpengaruh pada reputasi perusahaan, namun juga berpengaruh

terhadap nilai traction. Semakin banyak review positif yang diterima dari customer, maka akan

semakin positif juga nilai traction startup.

c. Customer Acquisition Rate

Hal ini diperlukan untuk dapat menarik pelanggan agar menggunakan layanan anda. Semakin

banyak pelanggan baru yang dapat ditarik maka akan semakin maju juga perkembangan startup

anda.

d. Innovation

Memiliki revenue yang baik haruslah diimbnagin dengan memiliki inovasi produk yang naik.

Anda dapat menguji coba semua ide anda menjadi produk yang inovatif. Hal ini dapat dilakukan

dengan meningkatkan kualitas, menambah fitur, membuat UI dan UX yang user friendly, dan

masih banyak lagi.

e. Partnership

Dalam fase awal traction, startup harus melakukan kerja sama dengan banyak pihak guna untuk

memberikan produk dan layanan terbaik bagi konsumen tanpa harus melakukannya sendiri.

Bekerja sama dengan pihak lain juga dapat mengisi kebutuhan konsumen yang bukan menjadi

fokus dari produk startup anda.


Kesimpulan

Dalam menjalankan traction di startup memanglah memerlukan perhatian yang baik. Hal ini

dikarenakan traction merupakan suatu upaya pengembangan bisnis yang dilakukan dengan

strategi yang matang. Dengan memiliki strategi yang matang maka dapat memberikan hasil yang

memuaskan dan berguna bagi startup anda. Jika anda membutuhkan info lanjut terkait hal ini,

anda dapat menghubungi Digital Agency Jakarta dengan mengunjungi laman kami di

https://theconversion.com/

Comments

Popular posts from this blog

Integrasi Marketing Mix 7P dalam Lingkungan Online

Digital Marketing Tangerang - Iklan Konvensional Efektif Pada Zamannya

Digital Marketing Tangerang – Sepak Terjang Google Ads Untuk Digital Marketing